Sou Fujimoto adalah arsitek Jepang yang mendirikan praktek projectnya sendiri, sejak tahun 2000. Bersama karyanya Sou Fujimoto telah banyak dipercaya mendesain gedung-gedung menarik di belahan dunia, yang sekarang memiliki kantor di tokyo dan paris.

Fujimoto dikenal karena desain paviliun galeri serpentine (batu permata) 2013 serta sejumlah proyek inovatif di negara asalnya, berikut karya project-porjectnya yang bikin iri:

01. The White Tree

The White Tree terletak di lokasi strategis Perancis antara pusat kota dan kabupaten yang baru saja dikembangkan di kawasan ini

 

02. Méridia tower

Méridia tower & Méridia plaza di Perancis, reinterpretasi kotak tradisional; akan selesai dalam waktu enam tahun, dengan bangunan pertama dibuka pada 2021

Pemandangan dari Méridia tower oleh arsitek Sou Fujimoto

 

03. Vertical Village

Desain ini mengambil bentuk struktur kayu sepanjang 120 meter yang memediasi antara skala domestik ke selatan dan skala metropolitan ke utara.

Vertical Village ini akan dibangun di kawasan penduduk Paris, agar menjadi landmark menandai pintu masuk kota

 

04. Geometric Naoshima Pavilion di Kagawa, Japan

Polyhedron dibangun menggunakan mesh stainless steel imersif berwarna putih

Pemandangan dari dalam struktur setinggi tujuh meter

Diadakan setiap tiga tahun, paviliun menjadi bagian dari festival seni Internasional Setouchi 2016

 

05. Hungarian Music untuk komplek Budapest Museum

Struktur menampilkan atap bergelombang dan berlubang, di mana celah tersebut akan membawa cahaya ke ruang galeri di bawah.

 

06. Vegetated Towers

Euratlantique adalah rencana besar seluas 800.000 meter persegi yang berpusat di sekitar stasiun kereta api santo-jean di bordeaux.

Skema mixed-use termasuk unit perumahan, kantor, dan gerai ritel

Level atas memberikan pemandangan menyapu seluruh kota dengan ketinggian total 50 Meter

Memang terkadang karya imajinasi yang mengambil konsep diluar nalar manusia malah bisa memberikan karya yang luar biasa, bahkan layak untuk dilirik oleh beragam klien, tapi tentu tetap dengan perhitungan konstruksi bangunannya.

Semoga jadi inspirasi kamu para arsitek lokal di Indonesia, semangat dan terus berkarya.