Untuk mempromosikan kecepatan, keandalan, dan kecepatan jaringan 5G barunya, T-Mobile Belanda telah mengembangkan Tatto jarak jauh pertama di dunia dilakukan secara real-time dan digambar oleh robot bertenaga 5G.

Ukiran tattoo ditusuk ke kulit aktris Stijn Fransen, dengan lengan robot yang dikendalikan oleh seniman tattoo Wes Thomas di lokasi lain. Pembuktiananya, proses direkam dan digambarkan dalam sebuah film bergaya dokumenter berdurasi tiga menit berjudul The Impossible Tattoo, yang mengesankan.

Proyek ini sangat mengesankan di sejumlah bidang teknologi. Dalam film pendeknya di YouTube, T-Mobile menunjukkan tidak hanya kehebatan dari segi kekuatan jaringan 5G-nya saja, tetapi juga keterampilan seniman tattoo Wes Thomas, kepercayaan dan keberanian aktris Stijn Fransen untuk menerima tantangan tattoo secara Real-Time jarak jauh, dan the Mill’s dengan pemikiran inovatif dari tim teknologi-nya menciptakan perangkat robotik yang benar-benar berwujud nyata.

Tattoo artist mengukir dari jarak jauh

Video itu menunjukkan semuanya. Dari saat tim mengerjakan proyek, mengkonfigurasi lengan robotik untuk memastikan jarum menembus pada kedalaman yang tepat, hingga berlatih dengan sayuran dan kulit palsu.

Seniman tattoo Belanda, Wes Thomas, sangat terlibat dalam penelitian dan pengembangan teknologi tattoo jarak jauh ini, dari segi pertimbangan saat mereplikasi proses menguji lengan robot yang rumit, hingga membuat tattoo secara remote dan real-time.

Hasil tattoo minimalis dari sebuah lengan robot

Dengan ekperimen yang berani, namun proyeksi ini membuktikan bahwa kapasitas jaringan 5G T-Mobile benar-benar memiliki kecepatan akurasi yang tinggi, tidak ada penundaan antara Thomas mengukir lengan manekin itu di saat Stijn Fransen di lokasi yang berbeda menerima ukiran tattoo minimalisnya dari sebuah lengan robot tersebut.

Benar-benar cara yang menarikĀ  untuk membuktikan kecanggihan dan kecepatan jaringan 5G mereka. Dari akurasi, hingga milimeter yang sangat mungkin untuk dilakukan, tidak peduli jaraknya.

Jadi, penggemar robotika mana yang akan menyangkal bahwa untuk membuat proyek seperti ini tidak mungkin bisa terjadi?