Tata Motors, Jaguar Land Rover, dan Ford, perusahaan pabrikan otomotif dunia, sedang gencar-gencarnya melakukan uji teknologi mobil tanpa sopir di Inggris. Tidak main-main, pemerintah Inggris juga ikut serta dalam pemutakhiran ini, hingga mempersiapkan anggaran 20 juta pounds, upaya mendukung gagasan teknologi kendaraan otonom ketiga perusahaan raksasa tersebut. Wow!

Hal ini dilakukan pemerintahan Inggris agar mengurangi angka kemacetan serta potensi kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi. Sementara  untuk mobil yang digunakan uji tes ini, menggunakan mobil model Jaguar F-Pace, Range Rover, Tata Tiago dan Ford Mondeo, dengan fokus pada 3 teknologi berbeda.

Seperti, Tata Tiago yang diuji menjadi mobil otonom menggunakan teknologi Green Light Optimal Speed Advisory (GLOSA). Sistem ini, bakal terhubung dengan sistem lampu lalu lintas yang di sampaikan ke sistem mesin, sehingga bisa mengatur kecepatan mobil dan melintasi lampu lalu lintas saat hijau.

Teknologi ke dua yang tengah di uji, Advanced Highway Assist. Fungs ini mengatur agar mobil dapat menyalip kendaraan lainnya di jalan, saat berpapasan dengan kendaraan lain yang kecepatannya lebih pelan. Bukan itu saja, memanfaatkan teknologi radar yang sudah dikembangkan, sistem ini juga berfungsi memeriksa secara otomatis sekitaran mobil. Bila jalur di sebelahnya kosong, mobil ini bakal menyalip tanpa kendali dari pengemudi.

Tehnologi terakhir yaitu Emergency Electronic Brake Light (EEBL). Sistem tersebut memungkinkan kendaraan buat terhubung dengan kendaraan lainnya. Bila mobil di depannya lakukan pengereman mendadak, sinyal secara instan bakal di kirim kepada kendaraan di belakangnya hingga dapat melambatkan laju atau menghentikan mobil untuk mencegah terjadinya kecelakaan.